Monday, October 26, 2009

Kamus Tradisional Online: Kardinal



Kamus Tradisional Online yang bernama Kardinal, merupakan karya anak SMU. Memenangkan kontes Inaicta 2009 kategori pelajar SLTA. Daftar Kamus yang tersedia sampai saat ini: Kaili Rai (80 entri), Jawa Kawi (461), Kurai Limo Jorong (75), Minahasa - Tombulu (20). Yang baru dipersiapkan adalah: Minahasa - Tonsawang, Minahasa - Tonsea, Minahasa - Toulour, Minahasa - Tountemboan, dan Sasak.

KardinaL menggunakan engine Glossword, sebuah glossary compiler yang ditulis dengan bahasa PHP. Glossword sendiri dilisensikan di bawah bendera GPL, dan KardinaL merupakan salah satu hasil pengembangannya. Hingga saat ini, KardinaL masih dalam tahap perkembangan untuk terus menambah database kamus yang ada. Semua warga negara Indonesia dapat turut aktif berpartisipasi dalam open project KardinaL ini dengan menjadi kontributor melalui prosedur yang sudah ditentukan.

Dengan hadirnya kamus ini, tentu pembaca, penerjemah, editor, penulis, dll, diharapkan tambah mudah mengetahui istilah atau kosakata bahasa daerah, yang mungkin belum diketahui artinya.

Mau mengembangkan kamus ini atau justru mau bikin kamus online sendiri? Silakan saja, bos!

1 comment:

ujan said...

terima kasih atas supportnya untuk Kamus Tradisional Online